program turunan pada lingkaran


Secara bebas Inheritance di terjemahkan sebahagai pewarisan.
Yaitu sebuah konsep dimana kita bisa membuat sebuah class baru dengan mengembangkan kelas yang pernah dibuat sebelumnya.
Metode OOP memungkinkan kita memperoleh seluruh data dari classinduk (base-class) untuk diberikan kepada class anak (derived-class) tanpa harus melakukan copy-and-paste seluruh kode base-class.

Contoh :
kita akan membuat class Silinder seperti digambarkan dibawah ini
 
 
Catt:
Selain tinggi silinder (t), silinder juga memiliki jari-jari (r) lingkaran pada kedua ujungnya.

 
dikarenakan silinder merupakan keturunan dari lingkaran maka untuk mencari silinder kita memerlukan beberapa rumus dari lingkaran
 dalam java inheritance dapat dilakukan seperti contoh berikut

pertama buat class lingkaran:

class lingkaran
{
private double jarijari;
     public lingkaran()
    {
        setjarijari(1);
    }
    public lingkaran(double r)
    {
        if (r>0)
        jarijari=r;
        else
        jarijari=100.0;
    }
    public void setjarijari(double r)
    {
        if(r>0)
            jarijari=r;
    }
    public double getjarijari()
    {
        return(jarijari);
    }
    public double hitungluas()
    {
        return (Math.PI*jarijari*jarijari);
    }
    public double hitungkeliling()
    {
        return(Math.PI*2.0*jarijari);
    }
   

//selanjutnya kita buat class silinder

class silinder extends lingkaran //class silinder merupakan turunan dari class lingkaran
{
    private double tinggi;
    public silinder()
    {   
        setjarijari (1);       
        settinggi (1);       
    }
    public silinder(double r, double t)
    {   
        setjarijari (r);
        settinggi (t);
    }
    public void settinggi (double t)
    {   
        if (t>0)
        tinggi = t;   
    }
    public double gettinggi()
    {   
        return (tinggi);       
    }
    public double hitungluas()
    {   
            return (super.hitungluas() * 2.0 + super.hitungkeliling() * tinggi);

//perintah super digunakan untuk memanggil class lingkaran
    }
    public double hitungvolume()
    {   
        return (Math.PI * 2.0 * super.getjarijari() * tinggi);       
    }
   }  

public class cobasilinder
{
    public static void main(String[] args)
    {
        silinder abc = new silinder(4,5);
        silinder xyz =new silinder(2,3);
        System.out.println("data silinder abc:");
        System.out.println("--------------------------");
        System.out.println("jari-jari abc :" + abc.getjarijari());
        System.out.println("tinggi abc :" + abc.gettinggi());
        System.out.println("luas abc :" + abc.hitungluas());
        System.out.println("keliling abc :" +abc.hitungkeliling());
        System.out.println();
   
System.out.println ("Data Silinder XYZ :");
            System.out.println ("-----------------------");
            System.out.println ("Jari-Jari ABC     : " + xyz.getjarijari());
            System.out.println ("Tinggi ABC     : " + xyz.gettinggi());
            System.out.println ("Luas ABC     : " + xyz.hitungluas());
            System.out.println ("volume ABC     : " + xyz.hitungvolume());
            System.out.println ();

    }
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar